google-site-verification=IVOqN9zefZ2xmz4Lr5KJUHKnhySjBo5yl3cZM-cxu8s -->

Apakah Kotoran Sapi Dapat Menyuburkan Tanah? Cari Tahu Jawabannya Di Sini!

Apakah Kotoran Sapi Dapat Menyuburkan Tanah?

Kotoran Sapi Dapat Menyuburkan Tanah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kotoran sapi sangat bermanfaat bagi perjuangan pertanian. Hal ini disebabkan kotoran sapi yg telah dikeringkan (fermentasi) untuk menjadi pupuk mengandung kalium, nitrogen, serta fosfor. Salah satu fungsi baik pupuk kotoran sapi merupakan menambah kesuburan tanah. Mengapa demikian? Kali ini akan dibahas dengan cara lengkap kandungan kotoran sapi jadi sanggup menyuburkan tanah.

Kandungan Kotoran Sapi untuk Kesuburan Tanah

Mungkin Kalian sedang mencari argumen ilmiah mengapa kotoran sapi bisa menyuburkan tanah? Jawabannya sebab kotoran sapi mengandung unsur hara yg tinggi. Secara umum, kandungan unsur hara bisa menyuburkan tanpa merusak konstruksi tanah. Secara khusus, kotoran sapi mengandung unsur hara makro berupa nitrogen (N) yg bisa menyuburkan tanah. 

Pada umumnya, pengumpulan selagi 3 bulan kotoran sapi yg diperoleh dari sapi dengan berat badan tidak lebih lebih 120 kg (setara 6 ekor sapi dewasa) akan menghasilkan oksigen sebanyak 7,4 kg. Jumlah ini sama dengan kandungan nitrogen pada 16,2 kg urea.

Kandungan Nitrogen (N) sebagai Penyubur Tanah

Salah satu kandungan kotoran sapi merupakan nitrogen. Ketika telah bercampur dengan tanah, kandungan nitrogen akan mensugesti aktivitas organisme yg nasib dalam tanah. Hasilnya, tanah menjadi normal serta gembur. Beberapa tipe mikroba yg bisa menyuburkan tanah diantaranya Thermospora, Trichoderma reesei, T. koningii, T.harzianum, Phanerochaeta crysosporium, Cellulomonas, Pseudomonas.

Bagaimana tutorial mikroorganisme menyuburkan tanah?

  • Aktivitas organisme yg tinggi bisa melawan patogen (penyakit) yg mengkontaminasi tanah.
  • Ketika patogen bisa dikalahkan, jadi tanah akan rutin berada dalam kondisi normal.
  • Mengundang Suburnya Cacing 

Selain itu, kotoran sapi juga bisa memancing cacing untuk hidup dalam tanah tersebut. Keberadaan cacing sanggup menyuburkan tanah melewati gerakannya serta berperan dalam proses dekomposisi.

Nah, itulah info tentang kandungan kotoran sapi jadi sanggup menyuburkan tanah. Pemberian pupuk organik ini merupakan tutorial alamiah tanpa mengganggu keseimbangan alam. Semoga bermanfaat untuk memantabkan hati Kalian memakai kotoran sapi sebagai pupuk penyubur tanah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]