google-site-verification=IVOqN9zefZ2xmz4Lr5KJUHKnhySjBo5yl3cZM-cxu8s -->

Cara Merawat Pohon Lemon Supaya Cepat Berbuah Lebat Dan Menguntungkan

Cara Merawat Pohon Lemon Supaya Cepat Berbuah Lebat Dan Menguntungkan

Cara Merawat Pohon Lemon Supaya Cepat Berbuah Lebat Dan Menguntungkan

Buah lemon telah sangat dikenal sebagai buah yg mempunyai tidak sedikit manfaat. Selain bermanfaat sebagai penyedap rasa makanan sebagai minuman semacam jenis tanaman minuman, buah lemon juga baik untuk kesehatan dan membersihkan seiisi rumah. Karena itulah, tidak sedikit orang-orang yg membudidayakan pohon lemon sebab buahnya telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat semacam tanaman penghasil uang banyak.

Sebelum mulai menanam lemon, butuh diketahui tipe tanaman jeruk yg ada, yaitu jeruk manis dan asam. Jeruk asam semacam lemon cenderung lebih mudah untuk dirawat daripada jeruk manis. Setelah itu, untuk menanam lemon, gunakan pupuk yg baik sebagai pendukung kesuburan tanaman.

Menggunakan pupuk alfalfa alias cottonseed disarankan untuk dihindari sebab ada jamur tanaman anthracnose yg tidak jarang ditemukan pada kandungan tersebut. Pada akhirnya, tanaman lemon akan terkontaminasi oleh jamur tersebut.

Supaya berbuntut lebat, pohon lemon wajib ditanam di ruangan terbuka. Tetapi jangan hingga terkena sinar matahari dengan cara langsung. Dengan tutorial semacam itu, tanaman lemon akan mendapat sinar matahari yg lumayan namun tidak kering.

Ada pula kemungkinan dimana pohon lemon tidak mau berbuntut alias lambat dalam berbuah. Maka dari itu, postingan ini akan mengulas tutorial memelihara pohon lemon supaya cepat berbuah.

Faktor Pohon Lemon Tidak Mau Berbuah

Apa yg menyebabkan pohon lemon tidak mau berbuah? Ada beberapa faktor yg menyebabkan faktor ini terjadi.

  • Tidak terjadi pernyerbukan pada bunga. Bunga yg tumbuh sebelum masa fertilisasi memperlukan angina alias serangga untuk menjatuhkan serbuk sari ke putik bunga yg memicu pembuahan. Menanam lemon di ruangan tertutup alias rumah kaca sebab akan menghambat masuknya angina dan serangga.
  • Tanaman lemon belum lumayan umur. Pelajarilah tipe lemon yg dipilih dan mampu berbuntut dalam berapa lama.
  • Kurang perawatan dimana pohon lemon tidak mendapat asupan air dan nutrisi yg lumayan dan kurangnya pemangkasan.
  • Pohon lemon tidak lebih memperoleh sinar matahari yg lumayan jadi proses fotosintesis tidak berjalan normal.
  • Suhu yg dingin juga mampu mematikan kuncup bunga yg muncul.

Maka dalam memelihara pohon lemon, jangan hingga faktor yg telah disebutkan terjadi.

Tips Agar Pohon Lemon Cepat Berbuah

Setelah mengenal penyebab pohon untuk tidak berbuah, butuh diketahui juga tutorial supaya pohon lemon cepat berbuah. Pohon lemon akan berbuntut pada usia 1 – 2 tahun. Tetapi ada beberapa tutorial memelihara pohon lemon supaya cepat berbuntut semacam cara membikin pupuk supaya tanaman cepat berbuah.

1. Pemangkasan

Tidak semua ranting alias cabang yg tumbuh pada pohon lemon mampu menghasilkan buah. Dalam pertumbuhannya, pohon lemon tidak jarang mengeluarkan cabang alias ranting air yg justru menghabiskan energi tanaman.

Ranting ini biasanya tumbuh di tengah-tengah batang alias batang bawah. Ranting alias dahan ini sebaiknya dipangkas supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman semacam cara memelihara pohon durian yg sedang berbunga. Selain mempertindah pohon, pemangkasan ini juga menghindari pembuangan energi tanaman untuk pembuahan. Pemangkasan ini wajib tidak jarang dilakukan dan jangan menantikan terlalu lama semenjak keluarnya ranting tersebut.

2. Pemanfaatan Pupuk

Pupuk yg diperlukan untuk menolong pembentukan bunga pada pohon lemon merupakan pupuk dengan kadar fosfor yg tinggi. Umumnya, pupuk fosfor tersedia pada pupuk TSP alias pupuk majemuk NPK yg diberikan lewat akar, jangan hingga tanaman mempunyai ciri-ciri kekurangan unsur hara NPK.

Pemupukan dilakukan dengan tutorial membikin celah melingkar disekitar pohon. Lalu masukan pupuk ke dalam celah dan ditimbun kembali. Kemudian tanah disiram supaya pupuk larut dan meresap ke tanah.

Selain itu, pupuk juga mampu diberikan terhadap daun. Pupuk daun yg dipakai berupa Gandasil B, Gandapan, Foliar, Growmore, Hiponex, dan beberapa merek lainnya yg berkadar fosfor tinggi. Pemberian pupuk dilakukan seminggu sekali. Penyemprotan dilakukan hingga tanaman mengeluarkan bunga.

Cara Merawat Pohon Lemon Supaya Cepat Berbuah Lebat Dan Menguntungkan

 3. Stress Air

Stress air mampu dilakukan pada tanaman lemon yg ditanam dalam pot. Penanaman pohon lemon dalam pot mempunyai keuntungan yakni mampu merubah peraturan air untuk merangsang fertilisasi dan teknik stress air ini susah untuk dilakukan di tanah.

Pohon yg akan dilakukan stress air sebaiknya merupakan pohon yg dalam keadaan sehat dan subur. Karena seusai stress air, tanamannya wajib mempunyai nutrisi dan energi untuk membentuk bunga dan buah. Jika tanaman tidak sehat dan subur, jadi bunga yg keluar akan cepat rontok. 

Tahap untuk melakukan stress air merupakan sebagai berikut:

  • Dua minggu sebelum melakukan stress air, berilah pupuk pada tanaman lemon memakai NPS berkadar fosfor yg tinggi.
  • Dua minggu seusai dipupuk, letakkan tanaman di kawasan terbuka yg terkena sinar matahari dengan cara eksklusif setiap harinya.
  • Biarkan tanaman tanpa disiram air sedikitpun selagi lebih tidak lebih 1 – 2 minggu hingga tanaman hamper layu dan mengalami stress, namun tidak hingga mati.
  • Setelah stress, tanaman diberikan air dengan cara semakin menerus. Jika cuaca panas jadi berbagi air sebanyak tiga kali dalam sehari. Lakukan penyiranman normal seusai 2 minggu.
  • Dalam 2 – 3 minggu seusai melakukan stress air, tanaman lemon biasanya akan menimbulkan tunas-tunas baru bersamaan dengan kuncup bunga. Setelah bunga muncul, tanah wajib dijaga supaya tidak terlalu basah ataupun terlalu kering yg mampu menyebabkan bunga rontok.

4. Melukai Batang Pohon

Melukai batang pohon tidak jarang dilakukan pada pohon manga yg tidak kunjung berbuntut dikala umurnya telah melebihi 4 tahun. Cara ini juga mampu diterapkan pada pohon lemon, namun dianjurkan untuk melakukan teknik ini sebagai opsi terakhir.

Cara yg umum dilakukan untuk melukai batang merupakan dengan mengikat erat tanaman dengan kawat hingga kulit terluka dan menembus batang kayu. Cara lainnya merupakan dengan mengelupas kulit tanaman hingga terkesan kambiumnya. Cara ini akan menyebabkan menghambatnya proses pengiriman karbohidrat dari tanaman ke akar jadi terjadi penimbunan karbohidrat pada batang, ranting, dan daun. Penimbunan ini akan menyebabkan munculnya bunga dan buah.

Tetapi tutorial ini ada kekurangannya, yaitu adanya kemungkinan luka pada batang akan terinfeksi penyakit semacam jamur, bakteri, dan virus CVPD.

Itulah tutorial memelihara pohon lemon supaya cepat berbuntut semacam cara memelihara pohon alpukat supaya cepat berbuah. Dari mengenali faktor terhambatnya pertumbuhan buah hingga ke teknik perangsang supaya buah keluar dengan lebih cepat. Semoga info ini bermanfaat bagi kalian yg ingin membudidayakan lemon ataupun menanam di rumah sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]