google-site-verification=IVOqN9zefZ2xmz4Lr5KJUHKnhySjBo5yl3cZM-cxu8s -->

Sejarah Munculnya Traktor, Mesin Pertanian yg Berjasa

Sejarah Munculnya Traktor, Mesin Pertanian yg Berjasa

Sejarah Munculnya Traktor, Mesin Pertanian yg Berjasa

Petani merupakan lapangan pekerjaan mutlak di Indonesia. Tanah Indonesia yg subur membikin tak sedikit orang-orang memilih untuk bercocok tanam semacam menanam padi, sayur-mayur dan buah-buahan. Jaman dulu, sebelum keberadaan teknologi canggih, para petani membajak lahan dengan memakai tenaga fauna semacam sapi dan kerbau. Sekarang, para petani bisa membajak sawah dengan traktor jadi pekerjaan menjadi lebih cepat beres. Kata traktor bersumber dari bahasa Latin “trahere” yg artinya “menarik”. Namun, sebagian orang-orang berkata bila kata traktor bersumber dari penggabungan kata “traction motor”, artinya motor yg menarik. Jika diartikan kembali ke dalam bahasa Indonesia yg benar, traktor berarti suatu mesin alias kendaraan yg luar biasa gerbong alias bajak.

Traktor rutin diasosiasikan sebagai mesin pertanian, faktor ini sebab kata “traktor” di beberapa negara besar semacam Inggris, Jerman, Irlandia, Australia, Spanyol, India dan Argentina berarti traktor pertanian. Traktor pertama yg tercipta merupakan mesin bajak yg dijalankan dengan uap. Traktor ini hadir kurang lebih tahun 1920-an, merujuk pada traktor dengan dua roda, empat roda bahkan track tractor. Pada umumnya, traktor mempunyai empat roda dengan dua roda yg berkapasitas lebih besar dibagian belakang. Namun, ada juga traktor yg mempunyai empat buah roda yg sama besar. Pada awal abad ke-20, sumber tenaga traktor bersumber dari mesin pembakaran. Seiring dengan perkembangan jaman, akhirnya insan memakai bensin, minyak tanah dan etanol sebagai bahan bakar mutlak traktor. Manusia mulai memakai diesel untuk menjalankan traktor pada tahun 1960.

Sebagian besar traktor tradisional memakai transmisi manual dan mempunyai bbeerapa perbandingan kecepatan dari tiga sampai enam. Kecepatan rendah digunakan ketika traktor berada di lahan pertanian, sementara kecepatan tinggi digunakan ketika traktor berada di jalan. Traktor sangat berjasa dalam pertanian sebab menolong petani menanam, memanen, membajak sawah dan lain-lain.

Jenis-jenis Traktor Pertanian yg Ada di Indonesia

Traktor pertanian merupakan traktor yg bisa bergerak sendiri, diciptakan dengan poros roda yg bisa luar biasa dan menggerakkan mesin pertanian. Traktor pertanian dibedakan menjadi tiga tipe berdasarkan bentuk dan ukuran, yaitu traktor besar, traktor mini dan traktor tangan. Traktor besar merupakan traktor yg mempunyai empat roda alias lebih, dengan panjang kurang lebih 2650-3910 mm, lebar 1740-2010 mm dan berdaya 20-120 HP.

Traktor mini merupakan traktor yg mempunyai empat roda. Ukuran traktor mini kira-kira sepanjang 1790-2070 mm, lebar 995-1020 mm dan berdaya 12,5-20 HP. Traktor mini digerakkan oleh diesel dua silinder alias lebih. Traktor mini juga dibekali dengan PTO (power take off) dan tiga titik penggandengan. Traktor mini tak tidak sama jauh dengan traktor besar, hanya pada besar daya saja. Nah, ada juga traktor tangan, yaitu traktor dengan dua buah roda. Traktor tangan mempunyai ukuran panjang kurang lebih 1740-2290 mm, lebar 710-880 mm dan berdaya kurang lebih 6-10 HP. Traktor tangan bergerak memakai diesel silinder tunggal.

Traktor tangan kini lumayan terkenal di kalangan petani Indonesia sebab bisa menyuburkan tanah yg akan ditanami. Sistem traktor tangan sanggup merubah sifat fisik tanah lapisan atas dari keras menjadi datar dan melumpur. Keuntungan memakai traktor dalam pengolahan lahan merupakan mematikan gulma jadi membusuk menjadi humus, menambah airisasi tanah dan menghemat air. Di Indonesia, 


Kalian bisa menemukan beberapa traktor dan produk traktor dengan harga termurah semacam Cultivator Hummax T-Rex, Cultivator Hummax Megator dan Cultivator Hummax Raptor. Loncin Mesin Bajak / Traktor 1Wg3.4-75Fq.d, Four Wheel Tractor Rotary Cultivator Diesel Engine R195N Cultivator Condesation Diesel Engine Farm Cultivators dan Tractor Seat with Arm Rest and Head Rest with Spring.



 Kunjungi Cultivator Hummax Indonesia


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]