google-site-verification=IVOqN9zefZ2xmz4Lr5KJUHKnhySjBo5yl3cZM-cxu8s -->

11 Manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh. Menangkal radikal bebas, cegah diabetes hingga kanker.

11 Manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh. Menangkal radikal bebas, cegah diabetes hingga kanker. - Secang alias Caesalpinia sappa artinya salah satu tipe pohon anak buah suku polong-polongan yg biasa tumbuh di wilayah pegunungan alias wilayah berlereng. Asal usulnya belum diketahui, melainkan tidak sedikit tumbuh di Asia, tergolong Indonesia.

Kayu dari pohon secang bisa diolah menjadi minuman herbal yg dicampur dengan rempah-rempah, ekstrak, direbus, dan beberapa olahan makanan. Sebelum dikonsumsi, batang kayu secang diserut dan dijemur terlebih dahulu hingga kering.

Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Kandungan Secang


Kayu Secang mempunyai tidak sedikit khasiat dan kegunaaan dari kandungan zat-zat kimia, nutrisi, dan mineral di dalamnya. Berikut ini kandungan pada zat 100 gram (g) kayu secang yg telah diekstraksi:

1. Brazilin

Senyawa ini artinya pewarna alamiah yg menawarkan warna merah pada kayu secang. Zat ini mempunyai efek anti-inflamasi dan anti bakteri (Staphylococcus aureus dan Escherichia coli) yg baik untuk kesehatan.

2. Saponin

Saponin artinya zat kimia yg menawarkan efek rasa pahit pada kayu secang. Ketika dikocok dengan air, kayu secang akan berbusa alias berbuih sebab efek dari saponin.

3. Polifenol

Dalam 100 g, kayu secang mempunyai kandungan polifenol 44.66 ± 0.09 mg/100g. Zat ini mempunyai kegunaaan antioksidan dan penangkal radikal bebas.

4. Flavonoid

Flavonoid yg terkandung dalam 100 gram kayu secang sebesar 1.84 ± 0.03mg/100mg. Zat ini mempunyai tidak sedikit kegunaaan untuk tubuh manusia, semacam menangkal radikal bebas, zat antioksidan, dan meningkatkan efek vitamin C dan antioksidan.

5. Tanin

Tannin artinya zat yg mempunyai sifat antibakteri. Dalam 100 g kayu secang, tersedia 46.42 mg/100g ekstrak Tannin di dalamnya.

Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan


Zat dalam kayu secang mempunyai tidak sedikit kebaikan. Mulai dari tangkal radikal bebas, hambat pertumbuhan kanker, hingga cegah diabetes. Ketahui kegunaaan lainnya:

1. Melawan Peradangan

Mencuci wajah dengan rendaman air kayu secang bisa menjadi pengobatan jerawat yg efektif. Zat yg terkandung di kayu secang bersifat anti inflamasi alias anti radang yg bisa mengobati jerawat.

Brazilin, senyawa pigmen merah yg ditemukan dalam ekstrak kayu secang telah memang melawan bakteri Propionibacterium acnes yg menyebabkan jerawat dan peradangan pada kelopak mata.

2. Membasmi Bakteri

Air rebusan dengan kayu secang mengandung sifat anti bakteri. Adanya metanol dalam kayu bisa mencegah bakteri Staphylococcus aureus yg bisa menyebabkan infeksi kulit, keracunan makanan, dan infeksi sendi.

Selain itu, Brazilin yg terkandung di dalam kayu secang bisa melenyapkan bakteri penyebab infeksi, umpama bakteri Salmonella, Streptococcus, dan E. coli.

3.  Sebagai Obat Anti Alergi

Alergi artinya sebuah reaksi dalam tubuh yg bisa  berbentuk pilek, ruam kulit yg gatal, alias bahkan sesak napas.

Untuk kamu yg mempunyai persoalan alergi, rebusan air secang artinya solusinya. Senyawa flavonoid dalam kayu secang mempunyai sifat anti alergi yg sangat kuat.

Selain itu, senyawa chalcone dalam kayu ini mempunyai khasiat untuk mengurangi gejala alergi. Minum segelas kayu secang setiap hari untuk mengurangi alergi yg kamu alami.

4. Dapat Mengatasi Kejang

Orang yg mengalami kejang-kejang sebab epilepsi dan gangguan lain sebaiknya mengonsumsi kayu secang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang mempunyai kegunaaan reaktif yg bisa melawan kejang sebab adanya aktivitas antikonvulsan alias anti kejang.

Antikonvulsan artinya tipe obat yg menolong menormalkan stabilitas rangsangan sel saraf supaya tidak mengalami kejang-kejang.

Selain itu, antikonvulsan juga mempunyai kegunaaan untuk meredakan nyeri sebab gangguan saraf.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Minum secangkir air kayu secang setiap hari baik untuk kesehatan jantung.

Satu studi menemukan bahwa Brazilin, pigmen merah yg ada di dalam kayu secang menawarkan efek positif dan membikin jantung lebih sehat.

Tampilan merah mudah dari Brazilin juga membikin desain minuman ini bagus apabila dituangkan ke dalam gelas bening.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa peras sedikit jeruk nipis ke dalam segelas minuman kayu secang dan menambahkan setetes madu. Minuman ini bisa menawarkan kegunaaan bagi kesehatan.

6. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan artinya zat yg bisa mencegah alias memperlambat kerusakan sel yg dikarenakan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yg diproduksi tubuh.

Kebanyakan orang-orang akan meminum teh untuk meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Tetapi teh bisa meningkatkan keasaman dan kecanduan kafein. Kayu secang bisa menjadi pengganti teh yg bagus.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kayu secang menawarkan lebih tidak sedikit antioksidan dan perlindungan yg lebih baik dari radikal leluasa daripada makanan semacam blueberry.

7. Menghambat Pertumbuhan Sel Kankel

Kayu secang mengandung zat antioksidan dan antikanker. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak air dari kayu batang secang dengan tambahan 50% etanol bisa membikin perkembangan sel kanker maka terhambat.

Meskipun belum diteliti lebih lanjut, minuman kayu secang baik dikonsumsi untuk menjaga nasib sehat dengan melindungi diri dari kanker.

8. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Radikal leluasa artinya molekul yg tidak teroksidasi menyebabkan terbentuk molekul baru yg bisa merusak sel tubuh.

Dalam kadar normal, radikal leluasa bekerja melindungi jaringan tubuh dari kerusakan. Jika berlebihan, radikal leluasa menjadi molekul pemangsa yg bergerak liar merusak jaringan tubuh.

Radikal leluasa tidak jarang menjadi sumber dari segala penyakit, kita butuh melindungi tubuh dari persoalan ini dengan meminum rebusan kayu secang.

Berbagai zat yg terkandung dalam kayu secang bisa membikin badan masih sehat dan terlindung dari radikal bebas.

9. Meremajakan Kulit

Kulit kita terpapar oleh polusi, debu, sinar matahari yg mempunyai radikal leluasa setiap hari. Akibatnya, lapisan kulit rentan mengalami kering, jerawat, hingga penuaan dini.

Ada tidak sedikit tutorial untuk meremajakan kulit, salah satunya dengan meminum rebusan kayu secang.

Kandungan antioksidan dalam kayu secang bisa menyeimbangkan radikal leluasa maka bisa menolong meremajakan kulit dampak radikal bebas.

Selain menyehatkan tubuh, kayu yg satu ini juga bisa menyehatkan kulit.

10. Mencegah Diabetes

Diabetes artinya penyakit kronis sebab tingginya glukosa di dalam tubuh.

Glukosa yg menumpuk di dalam darah dampak tidak diserap sel tubuh bisa memunculkan beberapa gangguan organ tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air rebusan kayu secang bisa menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

Efek dari kayu secang akan mencegah terjadinya resistensi insulin dan menurunkan risiko diabetes.

11. Mencegah Kerusakan Sel

Kerusakan sel terjadi dikala sel dalam kondisi stres sebab tidak sanggup merespons beberapa hal pemicu di atas dalam waktu yg lama.

Biasanya sel akan menambahkan alias mengurangi ukuran sel, jumlah sel, dan merubah ukuran sel.

Kayu sejuta kegunaaan ini mempunyai kandungan flavonoid, polifenol, dan brazilin yg bisa mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh dampak radikal bebas.

Selain itu, antioksidan dalam kayu secang bisa menurunkan risiko penyakit diabetes dan kanker.

Cara Mengonsumsi Kayu Secang

Setelah mengenal kandungan dan kegunaaan dari kayu secang untuk kesehatan. Kamu bisa membikin olahan wedang secang dengan mudah.

Bahan-bahan:

5 lembar secang
5 centimeter (cm) kayu manis
5 lembar daun salam
5 cm jahe
2 sendok makan (sdm) gula pasir
700 mililiter (ml) air
Cara membuat:

Siapkan semua bahan, cuci bersih, dan geprek jahe.
Masukkan semua bahan ke dalam panci berisi air, lalu didihkan hingga berubah warna dan harum.
Selesai. Wedang secang siap disajikan untuk menghangatkan tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]