google-site-verification=IVOqN9zefZ2xmz4Lr5KJUHKnhySjBo5yl3cZM-cxu8s -->

Situs Informasi Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, D I Yogyakarta

Situs Informasi Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, D I Yogyakarta

Ada beberapa kegiatan edukasi tourism yg ada di desa wisata Nglanggeran mulai dari membajak sawah, menanam padi,  belajar membatik, kerajinan janur, belajar membikin dodol coklat dan keripik coklat. Kegiatan ini berfungsi supaya wisatawan aktif dikala berwisata di desa disamping itu juga meningkatkan wawasan baru bagi wisatawan yg datang dan mempunyai pengalaman tersendiri.

1.       Membajak sawah dan menanam padi:

Wisatawan akan diajak dengan cara pribadi membajak sawah dengan memakai tenaga manual yaitu berupa sapi sebagai alat pembajak sawah yang  berfungsi tanah alias lumpur supaya merata dan dapat ditanami oleh flora padi. Sesudah melakukan pembajakan sawah wisatawan diajarkan tutorial menanam padi mulai dari tutorial memegang padi yg benar dan tutorial menancapkan di dalam lumpur dengan tutorial menanam kesamping dan kebelakang.  


 

2.      Belajar membatik

Membatik merupakan wisata edukasi yg butuh disampaikan terhadap wisatawan sebab sebagai salah satu kerajinan dan budaya Indonesia. Desa wisata Nglanggeran mempunyai kerajinan membatik yg semua pekerjanya ialah ibu-ibu pkk, disini wisatawan akan dipandu tutorial mencairkan malam alias plastisin sebagai bahan baku mutlak batik dengan tutorial dipanaskan diatas wajan kecil. Sesudah mencairkan plastisin tersebut wisatawan juga diajarkan tutorial memegang canting dan tutorial membatik diatas kain alias topeng, tak berhenti disitu saja wisatawan juga diajak untuk menonton dengan cara pribadi proses pewarnaan kain batik lalu yg akan terjadi dari membatik tersebut dapat dibawa pulang oleh wisatawan.

3.      Kerajinan janur

Janur merupakan daun kelapa yg tetap belia dan mempunyai warna kuning. Janur ini biasa dipakai oleh budaya jawa dikala adanya pernikahan, tetapi di segi lain janur juga dapat dibangun kerajinan tangan yg banyak sekali macam mulai dari kerajinan janur berbentuk keris, belalang, piramid, ketupat dan tetap tak sedikit lagi.

4.      Belajar membikin dodol cokelat dan ceriping pisang salut cokelat di Griya Cokelat Nglanggeran

Wisatawan akan diajak oleh guide menuju griya coklat yg mengolah buah kakao menjadi coklat, coklat ini akan dibangun beberapa tak sedikit olahan mulai dari bakpia coklat, dodol coklat, keripik pisang coklat dan aneka minuman yg berbahan coklat. Wisatawan tak hanya menonton saja tutorial pengolahanya tetapi wisatawan diajak untuk ikut dan membikin mulai dari memotong pisang, proses penggorengan dan dicampur oleh bubuk coklat. Lalu tutorial membikin dodol coklat wisatawan diajak membikin dodol coklat mulai dari mengaduk dodol diatas wajan hingga dengan pengemasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]